728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Jumat, 30 Agustus 2013

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Lihat Kami di sini, Wahai Pertiwiku.

    Kepada
    Indonesia


    Matahari menyongsong indah di Sabtu pagi pada 68 tahunmu kali ini ‘Indonesiaku’. Selamat Ulang Tahun Indonesia ke-68, seluruh harapan baik kami untukmu.

    Hai Indonesia, sepucuk surat untukmu dari seorang disini diantara milyaran yang masih menunggu perubahan indah darimu. Kenalkan aku salah satu dari jutaan putra-putri bangsamu yang masih setia dan tetap berjuang agar namamu bisa lebih harum dari sekarang. Aku berusia 15 tahun saat ini dan dalam kenyataan yang aku tahu ada 3,8 juta temanku yang tidak dapat meneruskan sekolahnya di negerimu ini atau sekitar 4 menit dari kami putus sekolah, aku bukan hendak membuatmu sedih di hari ulang tahunmu tapi inilah yang aku tahu dan ada sebercak harapan bahwa aku ingin semua putra-putri bangsa ini berjuang bersamaku untukmu tanpa ada satupun yang tidak bersekolah karna aku tau bahwa pendidikanlah modal awal dari suatu pembanguna bangsa.


    Aku bukan hendak mengeluh, bukan! Aku hanya merasa khawatir dan iba kepadamu. Memiliki 5.193.250 km² yang 70%  diantaranya adalah lautan dengan keindahan bahari yang menakjubkan dan 30% tanah yang subur dengan beraneka hayati yang ada di dalamnya. Namun pernahkah kau sadar bahwa akhir-akhir ini begitu seringnya kami mengimpor garam, beras, gula, dan kedelai padahal kau terkenal sebagi negeri agraris, putra bangsamu terjerat jebakan hina narkoba dan yang baru saja terjadi bahwa kenyataanya dalam tubuhmu terdapat banyak cacing mengerogotimu dengan rakus dan menjadi beban untukmu karna menambahkan angka kemiskinan di negeri ini ‘koruptor’. Kami terus menghinamu padahal kamilah yang salah.


    Kau cukup hebat Indonesia, dengan damai kau hadapi semua itu. Kau mampu tersenyum meskipun dalam matamu ada kaca yang kau tahan agar tidak pecah, kau tahan duri yang menusuk mengganjal dalam ulu hatimu dan berbisik lirih pada kami bahwa kau mampu, ya.. kita mampu meskipun banyak keraguan dan cercaan mereka terhadapmu.


    Tapi disudut lain darimu, sungguh banyak sekali mereka obat yang sedikit mebuatmu bisa menghela nafas. Membanggakan namamu dengan prestasi yang mengagumkan. Membawa garuda sebagai lambang dan Indonesia sebagai sebagian dari jiwa mereka yang dengan gagah mereka tunjukan. Mengenalkan kepada dunia bahwa kau adalah negeri yang penuh kharisma.


    Wajah kami memang penuh debu dan keringat, berbekal semangat dan tekad, masih belia dan tak tahu apa-apa tapi kami punya rasa cinta dan peduli terhadapmu. Namun kami masih ragu, akankah yang kami lakukan sekarang dapat kau terima nanti? Kami takut setelah banyak butir peluh yang kami keluarkan untukmu, mencoba bekerja keras dari fajar masih tertidur hingga berganti gelap untuk dirimu Indonesia dan ketika kami abdikan diri kami namun tidak ada perubahan yang terjadi dalam dirimu seolah memukul kami mundur, memutuskan harapan besar kami dalam tujuan untuk membawamu lebih tinggi lagi. Kami bukan tidak iklas, tapi begitu banyak cerita tentang orang-orang hebat yang katanya tak kau hargai disini dalam pengabdianya.


    Jadi tengoklah kami disini, bangsa hebat pemimpin Indonesia selanjutnya yang jujur nan bijaksana, yang akan membebaskan ratusan perusahaan asing di tanahmu dan menekan angka 7juta tuna wisma, agar kami jadikan “made in Indonesia” sebagai nomor 1 dunia, agar senantiasa kami ciptakan negeri yang damai dengan toleransi yang tinggi untuk cucu-cucu kami kelak agar lebih nyaman berada disini, agar kau mampu senyum lepas pergi meninggalkan semua bebanmu.


    Doakan kami Indonesia agar tetap kokoh berdiri ditengah goncangan untuk menjadi generasi harapan bangsa yang mampu jujur mengemban tugas kami, yang tidak serakah dalam mengambil kekayaanmu, yang menjunjung tinggi pancasila dan bhineka tunggal ika, yang berusaha menyejaterakan negeri ini tanpa harus banyak berjanji, yang rendah hatinya berbalut merah putih yang tiada usang dan pudar dalam jiwanya.


    Doakan kami agar kami mampukan diri kami untuk terus belajar dalam niat dan lindungan Tuhan, untuk keras dalam berjuang, untuk tangguh dalam berperang, untuk menyejaterakan diri kami dan bangsa kami, untuk menarik diri dari hal yang merusak citra negeri kami, untuk tetap mencintai negeri kami dengan iklas dan tiada henti, untuk memantaskan diri kami sebagai pusat kekuatanmu, dan untuk terus menjaga tujuan kami untuk mengharumkanmu.


    Semoga aku bisa menjadi bagian dari kemegahanmu esok hari. Terima kasih untuk tanah yang setiap hari aku pijak, untuk langit biru yang setiap hari memayungiku, dan teruntuk merah putih yang tiada henti berkibar di langit nusantara dan menjadi kebanggaan kami putra-putri bangsa. Ini pengabdianku kepadamu wahai pertiwiku. Janji kami! Dirgahayu Indonesiaku…


    “ … Tanahku tak kulupakan.. Engkau ku banggakan…”


    Ilfaswari Maharani


    SMA Al-Irsyad Satya Islamic School, Bandung Barat - Jawa Barat



    Info lengkap lomba silakan klik di sini

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    63 komentar:

    1. Kereeeeeeeeeeen!!!

      BalasHapus
    2. Ini bisa menyadarkan kita sebagai pemuda Indonesia untuk bisa mengabdi pada bangsa dan membuat tanah air ini menjadi lbh baik..

      Enak dibaca, dan mudah dipahami bahasanya!

      BalasHapus
    3. saya sebagai pemuda indonesia merasa tertampar banyak dengan kata-kata dari seorang gadis 15 tahun, terimakasih untuk semangat yang anada berikan saat membaca tulisan ini, menjadikan saya sadar bahwa saya juga bertugas untuk memajukan bangsa sendiri bukan cuma mengeluh denga kekuranganya. Terus berkaya dan semoga bisa menjadi putra-putri yang membanggakan indonesia amin!! merdekaaa!!

      BalasHapus
    4. semangat yang dimunculkanya santai tapi begitu menampar, membuat saya sadar kalo saya juga belum melakukan apa-apa untuk negeri ini, hanya bisa mengeluh dan menuntut. Terus berkarya dalam membangn karakter bangsa ini, menyadarkan yang lain dengan kata-kata sederhana namun bermakna, terimakasih untuk kesadaran yang diberikan kepada saya hehe merdeka indonesiaku!

      BalasHapus
    5. Merdeka !!!!!!!!
      Merdeka !!!!!!!!
      Merdeka !!!!!!!!

      semoga negara indonesia selalu dalam keridoan allah SWT dalam melangkah !

      Aku cinta Indonesia :)

      BalasHapus
    6. mantap !!

      aku yakin, dengan membaca surat ini anak - anak indo bisa sadar agar bisa membuat negara ini lebih baik lagi =)

      BalasHapus
    7. Bahasa yang cantik :)
      Isinya pun menggugah. Bermakna sekali bagi kami putera dan puteri Indonesia yang tengah terperangkap di dunia orang lain. Sudah seharusnya kita membawa nama bangsa ini ke luar, menunjukkan pada bangsa luar bahwa kami lah anak Indonesia. Kami punya semangat, kami mampu mengabdi pada bangsa sendiri.

      #Nice job (y)

      BalasHapus
    8. sepucuk surat yang bagus, bahasanya mudah di pahami
      KEREN!!

      BalasHapus
    9. kerenn lah...... kreatif banget.. :D

      BalasHapus
    10. Mantap deh buat sahabatku ini,lanjutkan...

      BalasHapus
    11. hidup bangsa indonesia, semoga generasi bangsa kedepanya bisa sesuai dengan harapan dan janji penulis. Selamatkan anak cucu bangsa kita generasi penerus!!

      BalasHapus
    12. Merdeka!
      Merdeka!
      Merdeka!
      Indah bnaget suratnya :) Lanjutkan kawan :)
      Semoga Indonesia selalu dalam lindungan dan keRidhaan Allah SWT. Aamiin O:)
      Cinta Indonesia dan bangga jadi anak bangsa! :D

      BalasHapus
    13. Irwan Arifah Saputra1 September 2013 20.21

      Allahu Akbar !
      Allahu Akbar !
      Allahu Akbar !

      Merdeka !
      Merdeka !
      Merdeka !

      Sepucuk surat yang indah, dan memiliki arti yang dahsyat.
      Lanjutkan perjuanganmu sobat. saya di isi mendukungmu.

      Merdeka !

      BalasHapus
    14. Wuiiihhh kerennnnn bahasa nya ;;)

      Merdeka !!!
      Merdeka !!!
      Merdeka !!!

      Aku cinta Indonesia sekarang dan selamanya :D

      BalasHapus
    15. aku cinta bahasanya :D
      menyentuh bangeeettt :D

      MERDEKAA !!!!!!!!

      Keren pokoknyaa :)

      BalasHapus
    16. coba kalo setiap cikal indonesia punya rasa seperti ini, Indonesia merdeka dari jajahan non fisik deeh!!! Semoga semangat yang ada bisa terus bertahan gak cuma hitam di atas putih, berjuang terus dik!!

      BalasHapus
    17. bagus karyanya...
      tingkatkan lagi, dan semoga karyamu bisa menjadi kesuksesanmu kelak nanti :)

      BalasHapus
    18. Kereennn kak, suka dehh ;)))) Hebat kakak mah.

      BalasHapus
    19. SUBHANALLAH LUAR BIASA SEKALI

      BalasHapus
    20. Wuiiihhh kerennnnn bahasa nya ;;)

      Merdeka !!!
      Merdeka !!!
      Merdeka !!!

      Aku cinta Indonesia sekarang dan selamanya :D

      BalasHapus
    21. Keren,sungguh bangga kita menjadi anak Indonesia

      BalasHapus
    22. Aduhh Bhasanya Gila Keren banget !
      Semoga Bangsa Ini Bisa Menjadi Bangsa yang lebih baik dari tahun2 sebelumnya...
      Dan Menjadikan Perwira-Perwira Tinggi di indonesia berguna bagi Nusa dan bangsa.


      #Salam TNI
      Jaya Di Masa Perang Berguna Di Masa Damai

      BalasHapus
    23. nice job....
      keenn ilfaaa.. :))))))

      BalasHapus
    24. Tutur kata yang indah . Hebat untuk yang mebuatnya KEREN !!!!!

      BalasHapus
    25. Surat yang positif, cukup membakar semangat.
      Jiwa yang seperti ini yang diperlukan pemuda-pemudi Indonesia saat ini agar mereka sadar dengan apa yang telah mereka perbuat untuk bangsa ini, semoga surat ini menggugah mereka untuk terus berkarya dan mencintai tanah airnya.

      BalasHapus
    26. KEREN, bahasanya mudah di mengertii, kreatife bangettt.... Langsung juara deehh... Amiinn

      BalasHapus
    27. ditunjukan buat koruptor! biar malu sama anak kecil yang punya tekad buat MEMAJUKAN BANGSA INDONESIA, bukan MEMISKINKAN BANGSA INDONESIA! Didoakan semoga berhasil :)

      BalasHapus
    28. Nining Suryaningsih5 September 2013 04.27

      Wooow ... tulisan yang penuh warna, ada rasa bangga, ada harapan, ada ketakutan, ada keharuan, ada kekecewaan, ada kekhawatiran, walau tetap terasa ada janji, semangat, dan optimisme yang tinggi. Saluut!!!

      BalasHapus
    29. Salut dan bangga buat ilfa
      Dengan masih duduk di bangku sekolah pertama sudah punya pemikiran yang jauh ke depan melihat Bagaimana di negeri ini yang masih banyak anak yang belum mampu mengenyang bangku sekolah,
      Juga ingin masyarakat nya bisa menjadi lebih baik di dunia nasionlldan internasional , selamat ya ilfa moga kamu dapat yang terbaik..goodluck

      BalasHapus
    30. roni nugraha syafroni5 September 2013 15.33

      Karya yang menarik. Karya yang menggelitik. Karya yang dapat menggugah cara pandang para pelajar ihwal negara sendiri. Tetap selalu, harus, dan sangat optimistis terhadap bangsa sendiri. Jangan pernah terbersit sekalipun di sanubari, secercah rasa pesimistis terhadap bangsa sendiri. Jangan!

      BalasHapus
    31. Rizka ayu meilani6 September 2013 01.11

      keren (y) maju teruss buat indonesia :)

      BalasHapus
    32. Nice job kawan! Tutur kata yang indah: )
      suksess!

      BalasHapus
    33. Mantabbb....kereennn abis....maju terus

      BalasHapus
    34. KEREN BANGET!! TINGKATKAN FA!

      BalasHapus
    35. Slamat Indonesiaku,, Kau telah memiliki salah satu anak bangsa yang akan mewakili namamu untuk tetap harum diantara ribuan masalah yg sedang menimpamu.
      untuk ilfa tetap semangat, tetap berjuang dengan semua hal positif yang kamu punya...

      BalasHapus
    36. Keren banget!!! :O bahasanya (y) :)
      nice(y) ;;)

      BalasHapus
    37. Wow Keren!!
      Merdeka !!!
      Merdeka !!!
      Merdeka !!!


      saya yakin, dengan membaca surat ini anak-anak indonesia bisa sadar agar bisa membuat negara ini lebih baik lagi :) Merdeka !

      BalasHapus
    38. Ikhwansyah Risbiyana Putera6 September 2013 03.49

      Kerrrennn (y) (y)

      BalasHapus
    39. penyusunan kata"nya bagus, menyentuh dan buat nambah jiwa nasionalisme si pembaca berkobar lagi.. terus belajar dan berlatih ya de ilfa, sukses dan tetep semangat!! ^_^

      BalasHapus
    40. Ikhwansyah Risbiyana Putera6 September 2013 03.51

      W.O.W kata-katanya :D kerennlah (y)

      BalasHapus
    41. monica rizkia putri6 September 2013 03.56

      keren banget ....
      sukses buat INDONESIAku ...
      berkibarlah selalu untuk menjadi yang terbaik ... :)

      BalasHapus
    42. Bagus :) moga juara amiin O:)

      BalasHapus
    43. karya yang indah, kata2 nya bukan main :) hebat :)

      BalasHapus
    44. NOT BAD :)
      I think you will be a winner in the contest
      SEMANGAT :)))

      BalasHapus
    45. Subhanallah... Indah...
      semoga Indonesia dan para generasi2 penerus bangsa, selalu dalam Ridho Allah SWT dalam melangkah menuju kemakmuran dan kesejahteraan hingga kemajuan negeri ini, Semoga kita semua para pemuda-pemudi harapan bangsa dapat mengocangkan dunia dalam berbagai prestasi Aamiin Aamiin Amamiin Ya Allah ya Robb 'alamin.. (y)

      BalasHapus
    46. keren banget semoga juaranya sahabat aku

      BalasHapus
    47. KEREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEN BAAAAAAAAAAAAANGGGGGGGGGGGGGGGETTTTTTTTTTTTTTTTTTTT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      BalasHapus
    48. wooowwwww...... ilfa....... aku suka suratmu sobat.....

      BalasHapus
    49. ilfaaaaa kereennnn banget :)
      bikin terharu :'(

      bangga punya temen kaya ilfa :)

      BalasHapus
    50. Indah sekali,semoga dengan itu membuat anak Bangsa menjadi termotivasi!!!!! AAMINNNN

      BalasHapus
    51. Surat yang sangat menyentuh dan memberikan inspirasi bagi Pemuda Pemudi Indonesia...yang di zaman sekarang mengalami krisis sosial.... BRAVO UNTUK SURATNYA !!! Terus berkarya !!!

      BalasHapus
    52. This is so touching...i want to cry even im not indoneisan...I LOVE YOUR COUNTRY VERY MUCH !!! I Hope God always be with you ;) SUCCES !!!

      BalasHapus
    53. kereeennn wow semangat ilfaaaa!!!!

      BalasHapus
    54. Vicky Tyas Fathiya6 September 2013 17.39

      AMAZING!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! MANGATTTTT

      BalasHapus
    55. kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen bagusss sukseesss yaaa ;;D

      BalasHapus
    56. kkkeeerreeennn...!!! ^.^
      bhasanya mudah di cerna...

      BalasHapus
    57. Andy Dwi Irfandi8 September 2013 04.06

      surat yang sangat luar biasa untuk seorang pelajar SLTP
      sangat menyentuh dan semoga dapat menyadarkan kita semua

      good luck !!

      BalasHapus
    58. Indonesia!!! keren ilfa, penuturan kalimat yang begitu meresap pada makna indonesia yang jadi terbaca indah. Semangat yaaaah, keren :D

      BalasHapus
    59. nice job kakaa :)
      keerreennnn (y)

      BalasHapus
    60. keren lah !! bahasanya nyampe ke
      hati ! (adeuy) :D
      Salut dan bangga deh punya kaka
      sepinter dan sekreatif teteh.. :D

      BalasHapus
    61. Keren!!! sepucuk surat yg mampu mendongkrak rasa nasionalisme!! awesome,proud of u dear :*

      BalasHapus

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Lihat Kami di sini, Wahai Pertiwiku. Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top