728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Kamis, 13 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Curahan Hati untuk Indonesia

               
    Untuk Indonesiaku dan rakyatnya,

                Dear para pejabat, mengapa kalian suka korupsi? Uang tidak bisa membeli kepercayaan, kerja keras, dan kebahagiaan. Akan lebih baik jika uang itu kalian gunakan untuk membuat buku pelajaran yang menarik agar siswa-siswi lebih tertarik untuk belajar atau membangun sekolah-sekolah di tempat terpencil menjadi lebih baik dan membantu siswa-siswi yang tidak mampu. Lihatlah anak-anak di pinggir jalan yang tidak terpenuhi kebutuhannya. Kenapa kalian tidak membantunya? Uang akan lebih berarti jika dipakai dengan benar dan untuk menolong yang membutuhkan. Lihatlah wajah bahagia mereka saat menerima bantuan dari kalian. Bukankah dengan itu kalian akan merasa bahwa hidup kalian itu lebih indah dan berarti bagi orang lain?

                Dear para pelajar, mengapa kalian suka membolos? Apa arti ilmu bagi kalian? Apakah kalian tidak menghargai hasil kerja keras orangtua kalian untuk membiayai sekolah kalian? Tidakkah cukup masa kecil kalian bermain ria? Kini saatnya kalian menuntut ilmu. Bermain bisa diteruskan jika kalian sudah belajar dan siap untuk pergi sekolah besok. Kalian akan merasa bahagia saat sukses di kemudian hari. Mengapa kalian suka sekali tawuran? Tawuran hanya akan melukai diri kalian dan membuat orangtua kalian mencemaskan kalian.

                Dear para pekerja, apa yang membuat kalian berjalan santai walau kalian tahu jam kantor akan segera tiba? Apa kalian tidak menghargai waktu? Bila kalian tidak menggunakan waktu dengan baik, maka nanti kalian akan menyesal saat tahu begitu banyak waktu yang telah kalian buang di masa muda kalian. Waktu itu tidak dapat diputar dan terus bergerak maju. Tanpa kalian sadari kalian akan menjadi tua. Tidakkah kalian merasa sedih jika semasa hidup kalian tidak berguna bagi orang lain? Mulailah belajar menghargai waktu.

                Dear guru-guru, terima kasih atas jasamu yang telah mendidik kami hingga menjadi orang yang berguna bagi bangsa ini. Kau tetap sabar mengajari kami ilmu. Kau akan tersenyum saat anak didikmu berhasil dan menjadi orang yang berguna bagi bangsa. Bahkan kadang namamu tidak diingat oleh anak didikmu saat mereka telah sukses.

                Dear warga Indonesia, apa kalian tahu bahwa negara kita ini Negara Hukum? Tapi mengapa kalian bisa melanggar aturan-aturan di Negara kita ini tanpa rasa bersalah? Kenapa kalian suka merokok? Apa untungnya bagi kalian? Kalian hanya akan merugikan orang terdekatmu yang tidak merokok dan menanggung sesuatu yang tidak dilakukan mereka. Menjadi perokok pasif itu lebih berbahaya. Meski begitu jangan merasa kalian juga tidak dibahayakan oleh rokok.

                Dear Indonesiaku yang tercinta. Kita tahu bahwa kau terkenal sebagai Negara Agraris. Tapi kenapa kita justru mengimpor beras dari luar negeri? Ke mana semua beras-beras itu pergi? Apakah karena lahan pertanian semakin berkurang? Indonesiaku tercinta, bukankah dulu kau mempunyai hutan yang luas? Ke mana semua hutan itu menghilang? Hutan dengan pepohonan hijau yang menyegarkan mata mulai jarang terlihat. Berganti hutan beton yang menyilaukan dan berselimut polusi.

                Indonesiaku, kita tahu kau sangat kaya. Hutan, gunung, sawah, dan lautan contohnya. Kau punya beranekaragam flora dan fauna yang jarang ditemukan di negara lain. Cendrawasih, Komodo, Harimau Sumatra, dan Badak Bercula Satu diantaranya.

                Negaraku, kau punya tempat-tempat wisata indah yang cocok dijadikan tempat melepas penat setelah sekian lama belajar dan bekerja. Dibuktikan dengan hadirnya Raja Ampat dan Danau Toba. Bahkan salah satu Keajaiban Dunia berada di wilayahmu juga. Sebut saja Candi Borobudur. Kau juga punya berbagai kebudayaan yang berkumpul menjadi satu dengan nama Indonesia. Bermacam-macam bahasa, masakan, tarian, lagu, baju, dan alat musik daerah. Serta rumah adat. Tidakkah kau bangga dengan bermacam-macam kebudayaan yang menakjubkan itu? Kau punya berbagai kebudayaan menakjubkan dan tidak akan kau temui di negara lain.

                Indonesia, kau harus bersyukur memiliki pahlawan-pahlawan bangsa yang berani dan berhasil mengusir para penjajah yang telah menjajahmu berabad-abad tahun lamanya hanya dengan berbekal senjata bambu runcing dan strategi yang hebat. Lihatlah rakyat-rakyatmu yang mengharumkan namamu di dunia sehingga kau tidak dipandang sebelah mata oleh mereka. Kau pun terkenal dengan rakyat-rakyatmu yang ramah dan suka bergotong-royong.

                Indonesia, apa kau tahu? Aku bangga terlahir sebagai warga negaramu. Di Negara yang indah, hebat, dan sempurna. Tanggal 17 nanti, kau genap berusia 70 tahun. 70 tahun sudah kau berdiri. Berdiri dengan tidak mudah setelah melalui masa-masa sulit dan dengan perjuangan yang gigih. Terakhir, ku ucapkan Selamat Hari Merdeka untukmu dengan harapan kau akan lebih baik dari sebelumnya. Semoga kau Jaya dan Abadi selamanya. Doa rakyat-rakyatmu selalu menyertaimu.

    Selamat Hari Merdeka, Indonesia ku tercinta.



    Dari rakyatmu,

    Sabrina Yose Amelia

    Siswi SMP Bethel Kosambi Kabupaten Tangerang Provinsi Banten

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Curahan Hati untuk Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top