728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Selasa, 11 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Indonesia Berubah, Indonesia Merdeka

    Pamekasan, 10 Agustus 2015


    Kepada Indonesiaku, dan seluruh Saudaraku


    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Salam merdeka untuk Indonesia!

                Sudah hampir 70 tahun rupanya negeri ini merdeka. Saya rasa Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Bukan hanya dari sumber daya alamnya saja, sumber daya manusianya pun juga melimpah. Itu artinya, potensi yang ada sangatlah besar. Alhamdulillah, sesuatu.

                Saya adalah anak Madura yang besar di Madura. Selama perjalanan pendidikan saya, saya tahu ada banyak orang berprestasi disini. Prestasi akademik maupun non akademiknya. Kalau pulau kecil seperti Madura  punya prestasi, apalagi daerah lain? Terbayang tidak, kalau semua prestasi itu disatukan? Pasti akan luar biasa prestasi Indonesia kedepannya. Karena memang semua anak mempunyai potensi dan bakat tersendiri.

                Orang Indonesia juga banyak yang berkreasi menjadi animator di luar negeri, yang bahkan bekerja untuk film-film besar. Indonesia tak mau kalah dalam bidang olahraga, terutama di bulutangkis. Tak jarang pula Indonesia menyabet medali di olimpiade sains tingkat internasional. Coba saja cari di Google. Kalau saya sebutkan disini, rasanya tidak akan cukup. Oh iya, tau rendang kan? Duh, ini enak banget. Disebut-sebut sebagai makanan terenak di dunia.

    Sumber daya alamnya? Banyak. Untuk para petualang, siapa sih, yang tak kenal Indonesia? Destinasi wisatanya sudah tersohor kemana-mana. Keindahan laut maupun daratnya tak perlu di ragukan. Raja Ampat, contohnya. Salah satu tempat menyelam terbaik di dunia, yang di sebut, ‘Hutan Amazon Bawah Laut’

                Budayanya? Banyak. Terkenal pula dengan keramah-tamahannya.

                Tapi tidak hanya itu. Indonesia juga memerlukan banyak sekali perubahan.

                Pejabat masih banyak yang korupsi. Masih banyak pengangguran dan kriminalitas yang terjadi di sekitar kita. Indonesia juga darurat narkoba. Kekerasan pada anak malah ramai di bicarakan beberapa waktu lalu. Hal-hal yang ditayangkan di media juga tidak semuanya mendidik. Padahal, banyak ditonton anak kecil atau remaja.

                Beberapa hari yang lalu, saya menemukan sebuah berita yang muncul di wall facebook saya yang berjudul, ‘Memalukan, sampah di Gunung Rinjani justru di bersihkan WNA.’ Dan artikel tersebut menyatakan bahwa sampah itu dari pendaki Indonesia sendiri.

                Indonesia perlu berubah.

                Saya rasa pendidikan adalah salah satu yang harus diutamakan, terutama untuk generasi muda. Tidak hanya diajari pendidikan akademik, tapi juga ditekankan pada pendidikan karakter. Biar tidak ada lagi yang namanya tawuran, kekerasan sesama teman, atau MOS yang bermasalah. Pendidikan untuk perubahan.

                Masyarakat perlu bekerjasama dengan pemerintah. Walaupun pemerintah sudah membenahi daerah rawan banjir, bagaimana bisa bebas banjir kalau masyarakatnya masih suka membuang sampah ke sungai?

                Media juga sarana yang menurut saya sangat berpengaruh. Kita harus tahu, apa saja yang layak di publikasikan di media sosial dan yang tidak.

                Saya berharap generasi saya, termasuk saya sendiri, generasi setelah saya dan seterusnya, bisa membuat Indonesia menjadi negara yang selalu lebih baik. Menjadi Negara yang berprestasi, berkarakter baik, dan berbudaya. Aamiin.

                Beberapa minggu lalu, saya mendapatkan kata-kata mutiara dari acara LDK AVENGERS yang di adakan oleh Kasmuga, kakak-kakak alumni sekolah saya.

                “Jika ingin memanen dalam tiga bulan, tanamlah padi. Jika ingin memanen dalam sepuluh tahun, tanamlah pohon. Tapi jika mengharapkan perubahan 100 tahun kedepan,  didiklah sebuah generasi.”

                Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


    Bayu Asya Isminanda

    Siswa yang belajar di SMAN 3 Pamekasan, Madura, Provinsi Jawa Timur
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Indonesia Berubah, Indonesia Merdeka Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top