728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Senin, 10 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Kemerdekaan; Arti Penting SebuahPerjuangan dan Bagaimana Mempertahankannya

    Kepada: Indonesiaku

    Merdeka!! Merdeka!!

    Seiring jutaan salam terucap untuk seluruh aspek dalam memajukan bangsa.

    Wahai saudaraku, masihkah ada jiwa Pejuang dalam darahmu? Sederas mengalir, bagai semangat para Pahlawan dalam nadi. 70 tahun kemerdekaan, tak akan pernah lupa bagaimana luar biasanya perjuangan para Pejuang demi kemerdekaan yang sangat berharga. Namun, apakah nilai kemerdekaan telah hilang dalam jiwa saudara-saudaraku? Saya harap tidak.

    Kutuliskan sebuah coretan di secarik kertas ini, kutujukan semua orang yang ingin membacanya, demi memajukan bangsa.

    Saudaraku, nilai paradigmatis Pancasila mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia yang unggul, jika direalisasikan. Membaca sila ke-5 seperti melihat fatamorgana oase di padang pasir. Segar, namun hanya sebuah bayangan. Jika diperhatikan, keadilan sosial memang terwujud, namun tidak merata. Sebab keadilan sangat mahal, bagi mereka yang tidak mendapatkannya. Dimana arti kemerdekaan sesungguhnya?

    Melihat para pejabat berduit, hanya mereka yang bisa merasakan kedamaian dan kemerdekaan, sungguh menggoyah kepercayaanku terhadap demokrasi. Bahkan saat mereka melakukan perbuatan yang menginjak-injak jati diri bangsa; Korupsi. Apalagi hukum mempermudah proses peradilan mereka, betapa murahnya hukum sehingga dapat dibeli oleh mereka. Jangan biarkan “Negeri Para Bedebah” terwujud tidak dalam kisah fiksi, namun terjadi di negeri kita sendiri. Jangan sampai terjadi!

    Kembali lagi pada kisah perjuangan penuh darah oleh para Pahlawan. Apakah mereka; Para Koruptor, tidak memiliki hati untuk menjaga aset “kemerdekaan” yang diusung oleh para Pejuang? Mungkin ada, sebagian kecil. Tapi dalam prakteknya, orang kecil yang terjerat hukum kecil pula, misal; mencuri sandal, hukum terlalu berlebihan dalam menghukumnya. Tetapi, lihatlah para koruptor yang terjerat kasus besar, mereka masih bisa berkeliaran bebas semaunya. Sekali lagi, hukum terlalu murah untuk dibeli.

    Wahai saudaraku, kemerdekaan sangatlah berarti, jangan sampai tercoreng oleh kelakuan Koruptor. Maka, arti penting perjuangan harus tertanam dalam jiwa bangsa Indonesia, khususnya para pemuda. Seperti kata Soekarno, 10 Pemuda akan guncangkan dunia. Tentu bukan sembarang Pemuda yang dapat mengguncang dunia, Pemuda unggul tentunya. Pelajar merupakan refleksi dari akan terwujudnya Pemuda yang unggul. Betul, Pelajar adalah calon penerus bangsa.

    Tidakkah kalian lihat bagaimana perjuangan murid-murid di Papua sana? Sungguh saya terpukau atas perjuangan kaki melangkah kilometer-an demi mengais asa. Dan masih banyak lagi daerah di Indonesia yang minim pendidikan layak dan sekolah dengan jarak terjangkau. Saya akui perjuangan mereka adalah bentuk mempertahankan kemerdekaan bangsa. Saya hargai, sangat menghargai beberapa program sosial, seperti Indonesia Mengajar atau 1000 Guru di Papua dan segala bentuk perjuangan lainnya yang memberikan pendidikan layak bagi anak bangsa.

    Namun, masih adakah kelakuan para pelajar di perkotaan untuk menodai perjuangan mereka dengan melakukan tawuran? Masih di sebagian daerah, terutama Ibukota.Atau para mahasiswa yang melakukan konvoi, demonstrasi atas nama keadilan tapi tidak mengerti makna keadilan itu sendiri. Bahkan kelakuan mereka yang merusak fasilitas umum, sungguh sangat mencoreng nilai Pancasila.

    Oh, hey. Lihatlah, di pertengahan jalan dalam pemikiran ini, saya bertemu dengan teman SD yang seharusnya duduk di bangku SMA, sekarang bekerja berjualan Jamur Krispi dengan gerobaknya berkeliling kampung. Saat itu hati saya tertegun. Entah mengapa sistem menjadikan pendidikan benar-benar susah dinikmati untuk kalangan bawah. Atau mungkin keluarganya yang terlalu keras menjadikan anaknya pekerja tak terdidik. Bisa juga karena anaknya sendiri yang berkehendak seperti itu. Kita tak bisa menyalahkan Pemerintah secara langsung dalam subjek ini, banyak faktor menjadikan pendidikan di Indonesia tertinggal. Apakah ini yang dirasakan dari kemerdekaan? Merdeka, namun tidak dalamhal pendidikan. Maka dari itu, semua masyarakat berhak memajukan Indonesia. Khususnya perihal pendidikan. Berjuang memajukan pendidikan adalah bentuk mempertahankan kemerdekaan.

    Kemerdekaan bukanlah apa-apa jika kita tidak mengerti makna yang terkandung di dalamnya. Tanamkanlah dalam hati, wujudkanlah nilai Pancasila, hidupkanlah UUD.Saudaraku, tak mudah merubah seseorang untuk menjadi lebih baik. Maka, ubahlah dirimu sendiri untuk dapat merubah orang lain.

    Sekian yang dapat saya tuliskan, untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam memajukan bangsa. Salam Merdeka!!


    Ahmad Najih

    Siswa SMA Darul ‘Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang Provinsi Jawa Timur
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Kemerdekaan; Arti Penting SebuahPerjuangan dan Bagaimana Mempertahankannya Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top