728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Minggu, 09 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Ku Tak Kenal Batas Ilmu Pengetahuan

               
    Hari demi hari ku lewati, tak terasa ku sudah menimba ilmu selama 16 tahun hidupku. Dengan segenap hati, ku jalani dengan semangat yang membara-bara di dalam hatiku. Bak api yang dengan mudahnya melahap semua yang ada di depannya. Pengetahuan nan luas diluar sana, membuatku merasa lapar dan haus akan semua itu. Sebagai warga negara Indonesia, ingin ku lepas semua hasratku demi membuat Indonesiaku dikenal oleh seluruh dunia, tanpa kecuali hingga ke pelosok jurang yang sangat dalam nan gelap, hutan lebat nan seram, maupun samudera nan luas dan tak berdasar . Ku tahu akan keterbatasanku sebagai manusia, tetapi tidak ada yang bisa membatasiku dalam merauk sebanyak-banyaknya ilmu pengetahuan di dalam hidupku. Hidup memang penuh dengan tantangan, tetapi hal itulah yang harus dihadapi bukan untuk ditakuti. Dengan apa ku berpegang? Ku tak punya sesuatu untuk dijadikan pegangan, kecuali diriku sendiri.

                Di dalam hidup, ada yang membuatku lengah dan tak yakin akan kemampuanku dalam megejar impianku. Bagaikan burung merpati putih kecil nan tulus yang sedang belajar  untuk terbang dan saat itu juga dilemparkan peluru oleh sang pemburu hutan. Namun, dengan melihat diriku lagi, dapat ku akui bahwa ku memiliki potensi yang besar dalam mencapai impianku. Ku berusaha hindari seluruh peluru yang mencoba membunuhku itu, dengan terus menimba pengetahuan dengan langkah kaki nan kecil namun pasti dan disaat memiliki waktu yang tepat, kan kutembakan kembali seluruh peluruku pada sang pemburu hutan. Ku tunjukan bahwa ku bisa mencapai impianku pada semua orang diluar sana.

                Ku tak kenal batas ilmu pengetahuan, karena hidup tidak akan pernah berhenti mengajarkanku. Seperti orang bijak pernah berkata “never stop learning, because life never stops teaching”. Ku sempat bingung dan heran, mengapa ilmu pengetahuan sangat berperan penting dalam hidupku. Dengan berjalannya waktu ke waktu, diriku dengan tanpa sadarnya mengetahui peranan ilmu pengetahuan dalam hidup. Jika hidup tanpa adanya ilmu, takkan ada yang namanya sukses dalam hidupmu, takkan ada yang namanya bahagia pula dalam hidupmu. Hal yang kamu temui hanyalah sebuah dinding tebal yang sangatlah tinggi yang mengelilingimu sehingga kamu terperangkap di dalamnya dan kamu tidak akan pernah tahu kehidupan luar.

                Sukses dalam arti apa? Sukses dengan arti kamu bisa membanggakan dirimu sendiri, orang tua, keluarga, sahabat, sanak saudara, maupun negara Indonesia. Buatlah dirimu berarti di dalam hidupmu sendiri, karena kamu memiliki peranan yang penting bagi dirimu sendiri dan kamu bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat luas, kamu bisa mengisnpirasikan mereka, dan juga kamu bisa sebagai contoh untuk keturunanmu kelak nanti. Jalanilah hidupmu dengan penuh semangat empat lima! Berjuanglah sampai titik darah penghabisan. Jangan pernah menyerah akan tantangan hidup. Timbalah ilmu sebanyak-banyaknya yang kamu bisa, karena pada saat yang tepat kau akan mendapatkan bayaran hidup dari semua yang telah kamu lakukan dalam hidupmu.

                Ilmu sangatlah berguna, ilmu menunjukan kemana kita akan pergi, menunjukan jalan manakah yang harus kita tempuh di dalam hidup kita, sehingga kita memiliki seperti peta hidup di dalam diri kita sendiri. Kita tidak akan dirugikan oleh ilmu pengetahuan, tidak akan pernah. Bahkan sebaliknya, ilmu pengetahuan akan menguntungkan kita, dimanapun kita berada dan di dalam situasi apapun. Jadi, jangan pernah berhenti belajar dan terus semangati diri sendiri maupun orang lain dalam menimba ilmu pengetahuan. Ayo buat negara Indonesia kita bangga akan kita. Bangga akan segala sesuatu yang kita lakukan yang memiliki pengaruh positif bagi tanah air ini. Tanamkan semangat empat lima di dalam dirimu!


    Dominique Shenny Fabrianne

    Siswi SMA Trinitas Bandung Provinsi Jawa Barat
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Ku Tak Kenal Batas Ilmu Pengetahuan Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top