728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Minggu, 16 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Melalui Semangat Merah Putih, LestarikanDulmuluk dengan Kemasan Modernisasi

    Palembang, 13 Agustus 2015

    Kepada:

    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Generasi Muda yang telah mengorbankan “masa muda”-nya demi membaca surat ini



    Assalamualaikum wr wb.

     Bapak Anies Baswedan yang terhormat, di balik semangat merah putih yang menggelora di tepian Sungai Musi untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70, tersembunyi kenyataan memilukan mengenai kesenian daerah kami.

    Berdasarkan “Developing a Model for Revitalizing the Traditional Performance of Dulmuluk by the Application of Structural and Reader Response Theories” oleh Dr. Subadiyono M, Pd., Dr. Didi Suhendi S, Pd. M. Hum., dan Dr. Nurhayati M, Pd. diketahui bahwa hampir 60% guru tidak mengenal Dulmuluk. Yang lebih mengejutkan lagi, 80% mahasiswa di Kota Palembang  tidak mengenal Dulmuluk sama sekali.

    Berpijak dari kenyataan yang memilukan ini, melalui surat ini, saya ingin memberitahukan kepada Bapak bahwa arus modernisasi di dunia hiburan tanah air dapat menjadi madu dan racun bagi kesenian daerah seperti Dulmuluk. Modernisasi hiburan dapat menjadi sarana promosi baru untuk melestarikan Dulmuluk dengan kemasan yang lebih segar dan disukai kalangan muda. Namun, modernisasi juga dapat menjadi racun yang malah mematikan kesenian daerah akibat dominansinya di hati kalangan muda.

    Salah satu bentuk modernisasi hiburan yang serupa tapi tak sama dan sangat berkaitan dengan Dulmuluk adalah Stand-up Comedy. Stand-up Comedy merupakan metode penyampaian kisah humoris yang dibawakan oleh seorang komik (pelawak tunggal). Stand-up Comedy merupakan solusi unggulan dalam melestarikan Dulmuluk. Kejenakaan dan kehumorisan para komik dalam bermonolog dapat menjadi gaya baru untuk berkisah dan bersyair. Metode monolog yang begitu humoris ini telah terbukti efektif merebut perhatian khalayak negeri ini terutama kalangan muda yang selalu mencari kesegaran modernitas. Gaya Stand-up Comedy ini tak hanya mampu mengekalkan eksistensi Dulmuluk namun juga dapat mengembalikan Dulmuluk ke puncak kejayaannya dengan sentuhan gaya modern tanpa merubah pakem-pakem yang mendasarinya.

    Sekali dayung dua pulau pun terlampaui. Seperti yang telah Bapak ketahui, akhir-akhir ini komunitas komik Stand-up Comedy telah menjamur di seantero negeri kaya budaya ini. Hal ini dapat dijadikan kekuatan untuk mengumpulkan tunas muda bangsa yang segar dan humoris untuk membawa kejayaan bagi Dulmuluk. Pementasan Dulmuluk dengan metode Stand-up Comedy yang praktis dan segar akan menumbuhkan minat para kalangan muda sebagai generasi penerus untuk mengenal dan mempelajari Dulmuluk sehingga melestarikan warisan budaya bangsa. Tak hanya itu, pementasan Dulmuluk oleh kalangan muda adalah bentuk dari pengembangan sektor ekonomi kreatif dimana para komik muda ini dapat berdikari secara ekonomi dengan honor pertunjukan yang menjanjikan.

    Kepada Bapak Anies Baswedan, saya memohon dengan segala kerendahan hati agar pada institusi sekolah, Dulmuluk segera diintegrasikan ke dalam kurikulum muatan lokal pada jenjang SD hingga SMA melalui kemasan Stand-up Comedy yang familiar bagi siswa.  Jika selama ini pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, hanya menyemarakkan teater Dulmuluk pada acara dan festival seni tertentu saja, maka saya harap Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dapat menjadikan Dulmuluk sebagai ikon khas pada acara-acara resmi di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Sebagai bentuk partisipasi saya, saya selaku siswa yang merupakan anggota masyarakat akan berusaha semampu saya untuk selalu menjadikan Dulmuluk sebagai hiburan dalam berbagai acara seperti pesta hingga panggung hiburan rakyat di manapun saya berada.

    Sekian surat dari saya, semoga Pak Anies Baswedan berkenan untuk membantu kesenian daerah saya. Sebab satu kebijakan yang Bapak keluarkan dapat sangat berarti bagi upaya pelestarian Dulmuluk. Mari, manfaatkan modernisasi untuk melestarikan tradisi!

    Wassalamualaikum Wr.Wb

    Penulis

    Izzah Atqa
    Siswi SMA Plus Negeri 17 Palembang Provinsi Sumatra Selatan
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    98 komentar:

    1. Tentang dulmuluk?ide surat ini sungguh segar dan kreatif

      BalasHapus
    2. Jika surat ini diteruskan,maka akan sangat berguna untuk melestarikan dulmuluk

      BalasHapus
    3. Ide yg original.menurutku dul muluk memang harus segera 'dipatenkan' biar gk diambil sama bangsa lain.
      Trima kash sdh menyuarakan dul muluk yg seolah terlupa,sbg org palembang ak bangga png dul muluk

      BalasHapus
    4. pienkan naura fajria16 Agustus 2015 18.07

      Wong kito galo patut bangga dengan para pelwak tanah air, contohnya legend kita dulmuluk. Krenn kak izzah atqa....

      BalasHapus
    5. pienkan naura fajria16 Agustus 2015 18.09

      Semoga para pelwak tanah air dapet bekerja dgn posisinya masing" dengan tidak meninggalkan kesan humor dan keseponannya.....
      patut dibaca ini punya kak izzah atqa

      BalasHapus
    6. Surat yg sungguh bijak tanpa ada makian dan cercaan,tp penuh solusi dan saran yg membangun

      BalasHapus
    7. surat nya keren,bisa jadi lapangan kerja jg,kan kalo jd komik stand-up comedy bisa menghasilkan uang

      BalasHapus
    8. opinimu bagus dek,dulmuluk memang perlu dijadikan kurikulum,krn dulmuluk itu asik banget kalo ada pelajarannya di sekolah

      BalasHapus
    9. gak nyangka msh ada anak sma yg peduli sm kesenian daerahnya,suratmu layak diperhitungkan

      BalasHapus
    10. putri kurniati16 Agustus 2015 21.47

      semoga menang nih suratnya,supaya nanti kesenian daerah tak diabaikan

      BalasHapus
    11. Kesenian daerah ni kekny. bangga liat anak muda udah sampe mikir kek gini

      BalasHapus
    12. Inspiratif dan bagus. Dgn surat ini diharapkan semua org bisa ikut melestarikannya. Jadi yg lebih baik lagi ?

      BalasHapus
    13. stand-up comedy bagus jg tu, soalny pasti asik nontonny kl pake cr yg modern

      BalasHapus
    14. Wow surat yang sangat bermanfaat karena dulmuluk adalah salah satu kekayaan indonesia yang patut di lestarikan karena sekarang sangat jarang ada yang memainkannya.
      semoga surat ini dapat didibaca oleh banyak orang

      BalasHapus
    15. Sangat bagus! Dulmuluk merupakan kesenian daerah yang hampir punah. Mari lestarikan dulmuluk kita! Wong kito!

      BalasHapus
    16. Such a perfect letter!

      BalasHapus
    17. Gagasan yg inspiratif agar kesenian daerah kami dulmuluk kembali berjaya dan tetap mempertahankan eksistensinya di era modernisasi ini.

      BalasHapus
    18. idemu bagus,semoga harapanmu terwujud,terus pertahankan kesenian daerahmu agar tak terkikis zaman

      BalasHapus
    19. Ide terhadap melestarikan dulmuluk dengan cara penyampain melalui stand up comedy merupakan saran yang bagus. Serta dengan memanfaatkan modernisasi untuk melestarikan budaya daerah adalah ide yang segar dan hebat. Semoga dengan ditulisnya surat ini dapat membantu melestarikan budaya dulmuluk dari sumatera selatan baik di daerah maupun di seluruh indonesia

      BalasHapus
    20. ariefqy noermansyah16 Agustus 2015 22.30

      agak malu sih memang jadi masyarakat sumatra selatan, tapi mengenal dulmuluk saja ogah-ogahan.. Dengan cara stand up comedy tsb, saya yakin dulmuluk akan kembali eksis di byk kalangankhususnya kalangan pemuda... semoga surat ini sampai ke pihak kemdikbud dan diterapkan esok hari

      BalasHapus
    21. Saya yakin dulmuluk akan berjaya dengan metode stand up comedy,bravo!!!

      BalasHapus
    22. Ide ide dr anak muda memang selalu asli dan kreatif,semoga suratmu menjadi yg terbaik

      BalasHapus
    23. Wah... bagus banget tulisannya. Permainan kata yang baik disertai dengan luasnya kosa kata yang dikuasai menjadikan nilai plus kepada surat yang ditulis oleh dek Izzah Atqa ini. Tidak lupa ide dan saran yang diberikan oleh Izzah menjadikan surat ini bermutu tinggi.
      Jangan lupa untuk memegang perkataannya ya.. ^_^

      LUAR BINASA

      BalasHapus
    24. Upaya yang sangat patut diapresiasi dalam melestarikan budaya daerah.Mari bersama sama kita dukung upaya pelestarian budaya daerah,khususnya Dul Muluk!

      BalasHapus
    25. Sania devarani17 Agustus 2015 00.50

      Opinimu sungguh brilian,semoga bisa terwujud,kamu layak sbg pemenang

      BalasHapus
    26. Top banget suratnya!!!! Solusinya jg masuk akal.keren kak

      BalasHapus
    27. Penulisnya msh anak sma?wuih masih muda dong,nasionalisme mu untuk memajukan budaya asli indonesia patut diapresiasi

      BalasHapus
    28. Syafhira andriani17 Agustus 2015 00.59

      Wow suara mu pantas diteruskan ke kementriam pendidikan,bahasa yg kau gunakan pun santun tp tegas,good job

      BalasHapus
    29. Pendapatmu tergolong segar krn blm pernah ada yg berpikir seperti ini sebelumnya. Semoga bisa menjadi panutan untuk anak muda di daerah lain. Lestarikan kesenian indonesia!

      BalasHapus
    30. Kreatif nich. Moga saran kmu bs diterima,moga menang demi pelestarian budaya kita

      BalasHapus
    31. Jadi malu pada diri ini yg sdh tua tp tak memiliki kontribusi bagi kesenian negeri ini. Trmkasih telah menyadarkan kami,sukses terus

      BalasHapus
    32. Dori silvirensi17 Agustus 2015 01.06

      Orang palembang nih,aku aja sebelum bc surat ini gatau dulmuluk itu apa,aku malah ngira dulmuluk itu kek legenda gitu,ternyata kesenian. Suratnya layak disebarin nih,bagus bgt untuk melestarikan kesenian

      BalasHapus
    33. Nyesel banget gaperna mau peduli. Mulai skrng akan kucoba untuk peduli,semoga suratmu diperdulikan

      BalasHapus
    34. Baguss, surat ini sangat membantu dlm upaya pelestarian dul muluk di era modernisasi

      BalasHapus
    35. Salut bgt sama yg satu ini,sy udah banyak baca surat yg lain,isinya cuma kritik pedes doang tanpa solusi,yg ini beda banget,solusinya membangun dan ga kasar,boleh banget nih dijadiin pemenang

      BalasHapus
    36. Belinda silvani17 Agustus 2015 01.15

      Gue gatau kalo misalnya di sumsel tu ada dulmuluk,meski gue ga pernah liatnya,gue berharap harapan lo melalui surat ini terwujud,solusi lo bagus banget sumpah
      Gue dukung

      BalasHapus
    37. Bagus dek,semoga bisa bener bener dijadiin kurikulum,semoga menang ya

      BalasHapus
    38. Kalo surat lo dijadiin buku,pengen banget beli. Walau gue gakenal ama lo tp surat lo enak banget bacanya

      BalasHapus
    39. Ide yang bagus. Dengan begitu kesenian Dul Muluk dan kesenian tradisional lain dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Good job

      BalasHapus
    40. Deni kurniawan17 Agustus 2015 01.20

      Ide lo bagus semoga apa yg lo pengen tercapai

      BalasHapus
    41. Boleh jg suratnyaaa
      Engga nyangka ada aja anak zaman skrng yg mau bikin surat susah kek gini

      BalasHapus
    42. emang mantep ni wong plembang,surat kau emang keren nian demi allah. jaya lah palembang!

      BalasHapus
    43. Kepada redaksi mading sekolah surat ini layak diperhitungkan,karena sama sekali tak ada kata kasar maupun perkataan menggurui yg cuma bisa ngomong tanpa kasih bukti. dia udah memberi solusi yg layak kita hargai

      BalasHapus
    44. wadoooh,suratnya bermutu banget solusinya msuk akal dan pastinya kalo sukses kan lumayan honor stand up comedy nya buat orang yg lagi cri kerja

      BalasHapus
    45. merasa bangga banget ada yg mau nulis tentang sumsel terutama dulmuluk krn selama ini blm ada yg kayak gini

      BalasHapus
    46. lumayan jg untuk bacaan,keren boleh dipertimbangkan

      BalasHapus
    47. bisa jadi mata pencaharian bagi anak muda pengen coba ah belajar dulmuluk

      BalasHapus
    48. Sangat bagus, budaya daerah seperti ini harus dilestarikan

      BalasHapus
    49. bagus. semoga bisa terwujud

      BalasHapus
    50. Idenya sangat kreatif dengan memanfaatkan stand up comedy sebagai sarana untuk mengenal lebih apa itu dulmuluk.

      BalasHapus
    51. Mau pengen bisa nulis sebagus ini ajarin dong

      BalasHapus
    52. Bagus, surat ini dapat sangat membantu dlm upaya pelestarian budaya dulmuluk di era modernisasi

      BalasHapus
    53. hebat bgt gaya bahasanya orisinil

      BalasHapus
    54. semoga bisa disampaikan ke kementrian,sukses ya suratnya

      BalasHapus
    55. saya sebagai anak bangsa merasa tertusuk kata-kata seorang anak sma, terima kasih untuk pendapat luar biasa yang ananda berikan , menjadikan saya sadar bahwa saya juga bertugas untuk memajukan budaya bangsa bukan cuma mengkritik saja. Terus berkaya, merdekaaa!!!!!

      BalasHapus
    56. satu surat yg mendongkrak rasa cinta tanah air,bangga banget jd anak indonesia

      BalasHapus
    57. bersyukur bangetzzz msih ada anak sma yg peduli sama negeri nya

      BalasHapus
    58. tepat sasaran banget suratmu di tengah era globalisasi kau masih melestarikan tradisi. hebat patut diacungi jempol

      BalasHapus
    59. penuturan kalimat yang begitu meresap ke jiwa lumayan untuk jd pemenang

      BalasHapus
    60. Hal penting yang perlu digaris bawahi adalah kebudayaan dan pemuda saling berhubungan. Solusi yang cukup efektif apalagi jika dulmuluk ini dapat mendarah daging ke kehidupan masyarakat bahkan anak muda.

      BalasHapus
    61. Ide yg unik dan tergolong baru, cukup masuk akal untuk diwujudkam

      BalasHapus
    62. Pendapat yang mengesankan krn ditulis oleh anak sma,enggak banyak yang bsa kayak gini,pertahankan

      BalasHapus
    63. Kalimatnya mdah dicerna, bagus kok

      BalasHapus
    64. semangat terus ya bagi penulis surat ini,membuat saya sadar kalo saya juga belum melakukan apa-apa untuk negeri ini, hanya bisa mengeluh dan menuntut. Terus berkarya dan lestarikan dulmuluk

      BalasHapus
    65. Nilai plus dari suratmu ini adalah idenya yg tergolong baru,orisinil,dan kreatif. wajar aja orang orang pada tertarik. semoga sukses

      BalasHapus
    66. Serasa tertohok ngebacanya. jd sdar bahwa modernitas yg selama ini digembor gemborkan bisa jadi bumerang bagi kesenian daerah

      BalasHapus
    67. udh lama nggak dnger tntng dulmuluk,di sumsel pun kesenian ini nggak terlalu terkenal lagi,smeoga dgn upaya ini revitalisasi dulmuluk bisa segera dilaksanakan. trimaksih untuk penulis

      BalasHapus
    68. surat anak palembang ini lg hits banget nih kayaknya. wajar aja sih orang tertarik buat liatnya karna idenya tergolong baru dan gak basi

      BalasHapus
    69. bangga nian liatnyo,wong kito galo

      BalasHapus
    70. Luar biasa bahasanya,kosakatamu jg lancar

      BalasHapus
    71. baca surat yg lain dan merasa gaak bosen,eh gak sengaja liat yang satu ini. surat yg satu ini beda banget ama yg lain. kreatif dan gak ikut ikutan,layak banget nih sbg pemenang

      BalasHapus
    72. Aku Sih Lebih ngehargaian surat Yang Kayak GINI...,, dimana Gak Cuma Ngasih kritik,Tapi Ngasih solusi. Gak Banyak Orang Yang Bisa Kayak gini. 10 jempol Untukmu Palembang

      BalasHapus
    73. Dulmuluk emang kurang menarik karena mending nonton yg lebih modern tp berkat surat ini,sy sadar betapa pentingnya menghargai kesenian asli indonesia,kl dijaddin stand up comedy lumayan jg bayaran yg akan didapat oleh para penggermar dulmuluk

      BalasHapus
    74. suratnyo bagus nian kk,jadi pengen bisa kayak kk jg

      BalasHapus
    75. merdeka merdeka
      semoga dgn momen kemerdekaan kali ini surat dulmuluk ini bisa disampaikan ke seluruh anak negeri!

      BalasHapus
    76. Patriotis banget isinya. Permintaannya pun sungguh peduli pada kesenian daerahnya. akna lebih baik lagi andaikan anak dr sabang sampai merauke jg berpikir seperti ini

      BalasHapus
    77. LUAR BIASA!!!! tetap semangat berkarya untuk mewujudkan impian dan harapanmu,suratmu saya harap akan disampaikan,kami dukung

      BalasHapus
    78. Terharu baca surat ini tentang kesenian daerahku

      BalasHapus
    79. kk pinter dan bgs banget suranya,gak nyesel bacanya,semoga surat kk menang dan dapet hadiah

      BalasHapus
    80. Awalnya cuma skedar iseng buka buka sosmed eh ketemu ini,bagus bgt untuk bacaan di waktu luang,terus berkarya dan semoga sukses

      BalasHapus
    81. Wow greget nya kerasa pas bc surat ini.idenya seger amat dan baru kali ini kudenger ada yg kek gini

      BalasHapus
    82. tertarik banget bacanya,jd pengen tau apa itu dulmuluk

      BalasHapus
    83. kreatif penulisannya, wajar aja banyak yg suka,terus berkarya untuk indonesia ya

      BalasHapus
    84. idenya original, bisa jadi pertimbangan dalam melestarikan budaya bangsa bertepatan dgn 17 agustus, kerja bagus

      BalasHapus
    85. Pengen banget supaya palembang lebih terkenal lagi. Sebelum ini blm ada yg mau post tentang dulmuluk. melalui surat ini semoga dulmuluk gakk punah. makasih izzah atqa atas surat dulmulukmu

      BalasHapus
    86. your ideas so brilliant, i like it

      BalasHapus
    87. Memang bener juga si,klo misalny jadi stand-up comedy itu bakalan dpet honor yang banyak,lumayan selain bisa ngelestariin budaya asli palembang,bisa juga jadi terkenal malahn ntar bisa jd artis. Keren deh suratnyaaaa :D

      BalasHapus
    88. Surat yg sangat kreatif&sarat akan informasi,semoga surat ini dpt dipertimbangkan supaya kesenian budaya daerah tak dimakan oleh zaman

      BalasHapus
    89. Ketemu surat ini yg lg jd trending di mading sekolah. Idenya tergolong asik dan lumayan untuk sektor perekonomian terutama bagi komedian

      BalasHapus
    90. Suratnya keren kak,solusi yg kk saranin efektif, semoga bisa jd pemenang dan dibukukan ya kak

      BalasHapus
    91. Setuju sekali dgn ide yg kau ungkapkan, solusi praktis dan inspiratif, semoga suratmu menjadi yg terbaik,dan budaya indonesia dpt dilestarikan, merdeka negeriku

      BalasHapus
    92. Salut banget baca yg satu ini,meski aku nggatau dulmuluk itu apa,tapi semoga terwujud ya harapanmu melalui surat ini,sukses terus untuk kesenian ibu pertiwi

      BalasHapus
    93. Malem malem baca surat yg inspiratif,serasa terisi kembali,semangat terusss

      BalasHapus
    94. Suratnya bagus,bahasanya mudah dicerna oleh para pembaca,seperti seorang jurnalis sejati,padahal masih sma,sukses terus

      BalasHapus
    95. Idenya segar inspiratif dan kreatif. Bagus untuk sumber bacaan

      BalasHapus
    96. Semoga kesenian daera tetap dilestarikan melalui surat ini

      BalasHapus
    97. Ide untuk menulis mengenai dulmuluk memang snagat kreatif,karena tak banyak yg bisa berpikir seperti ini

      BalasHapus

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Melalui Semangat Merah Putih, LestarikanDulmuluk dengan Kemasan Modernisasi Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top