728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Senin, 17 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Merdekakan Generasi Muda denganPendidikan yang Berkualitas

    Palembang, 16 Agustus 2015

    Kepada:

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan khususnya Generasi Muda di seluruh tanah air Indonesia yang merdeka.

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

                Yang terhormat, Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Anies Baswedan. Walaupun terdapat aura-aura semangat generasi pemuda serta semangat merah putih Indonesia yang menggunung untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-70, masih ada kondisi-kondisi sekarat khususnya pendidikan yang masih belum merata di seluruh tanah air Indonesia ini.

                Pendidikan merupakan suatu pembelajaran pengetahuan, dan keterampilan seseorang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Maka melalui pendidikan ini, akan terbentuklah seseorang bahkan beribu-ribu orang yang akan sukses di kemudian hari. Pembangunan pendidikan yang telah dilaksanakan membuat kualitas sumber daya alam di Indonesia jauh lebih baik. Namun pak, bagaimana jika kualitas pendidikan di Indonesia dibandingkan dengan kualitas pendidikan di negara-negara ASEAN?

                Bapak Anies Baswedan yang saya hormati, mungkin secara umum kualitas pendidikan kita masih jauh dari negara-negara ASEAN bahkan di dunia. Padahal, Indonesia mempunyai sumber daya alam yang banyak. Sumber daya alam tersebut dapat kita jadikan sebagai faktor dalam berkualitasnya pendidikan di Indonesia. Dalam kalimat Bapak yang terdapat di sosial media yaitu “Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Berarti juga, anak-anak yang tidak terdidik di Republik ini adalah "dosa" setiap orang terdidik yang dimiliki di Republik ini. Anak-anak nusantara tidak berbeda. Mereka semua berpotensi. Mereka hanya dibedakan oleh keadaan”. Apakah pendidikan di negeri kita, Indonesia telah merata? Apakah tidak? Lantas, apakah hanya karena keadaan, mereka tidak bisa “mengenal” apa itu pendidikan? Ini patut menjadi renungan berarti oleh kita semua. Bukan hanya kurang meratanya pendidikan saja, masih banyak faktor-faktor lainnya yang dapat menghambat kualitas mutu pendidikan di Indonesia seperti mahalnya pendidikan,

                Dalam dunia sosial media, terdapat lembaga pemeringkatan pendidikan dunia yaitu The Learning Curve Pearson. Menurut index of cognitive skills and educational attainment dalam lembaga The Learning Curve Pearson, Indonesia berada di posisi “terakhir” dari 40 negara yang telah didata dengan indeks peringkat dan penilaian secara keseluruhan adalah minus 2,11. Padahal, Indonesia bukanlah negara berkembang di dunia satu-satunya, serta masih banyak sumber daya alam dan sumber daya manusia yang baik dari negara lainnya. Tetapi, negara berkembang lainnya secara kualitas pendidikan berada di posisi atas Indonesia . Bagaimana menurut Bapak mengenai hal ini? Apakah hal ini disebut sebagai "prestasi"? Ya, pemerintah harus lebih bekerja lebih keras lagi agar indeks pemeringkatan negara Indonesia meningkat. Jika tidak, bagaimana calon penerus bangsa bisa bersaing dan bicara di persaingan dunia?

                Kepada Bapak Anies Baswedan dan khususnya Pemerintah Daerah, saya memohon dengan ketulusan hati saya bahwa coba kita renungkan lagi nasib pendidikan di Indonesia ini. Dalam aura-aura semangat merah putih untuk merayakan HUT RI ke-70, merdekakan juga pendidikan di Indonesia sehingga indeks pemeringkatan dapat meningkat.  Bapak Anies Baswedan sebagai Menteri, dimohonkan partisipasi lebih lagi untuk mementingkan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa agar bangsa Indonesia ini dapat digolongkan sebagai negara maju sesuai dengan kerja nyata dan kerja sama dari pemerintah dan masyarakat. Dan saya sebagai pelajar, akan lebih giat belajar lagi agar dapat berprestasi di sekolah, kota, provinsi, nasional, bahkan internasional. Saya berharap kita semua dapat berkerja sama yang lebih keras lagi untuk mementingkan generasi muda lainnya agar berguna bagi bangsa yang tercinta ini.

    Sekian surat dari saya, semoga Bapak Anies Baswedan dapat membantu pendidikan di Indonesia lebih baik lagi. Karena, pekerjaan dan kebijakan Bapak akan sangat berguna untuk daerah tertinggal agar kualitas mutu pendidikannya dapat meningkat. INDONESIA MERDEKA!

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    Penulis

    Razieq Ilham Amaliy

    Siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang Provinsi Sumatera Selatan
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    35 komentar:

    1. surat yg benar benar menyentuh nurani,saya harap pendidikan indonesia bisa lebih maju lagi, jayalah negeriku

      BalasHapus
    2. Wah, iam surat nya menyentuh banget.semangat ya iam!

      BalasHapus
    3. Wah kakk, surat nya sangat inspiratiff trnyata masih ada aja yg peduli dgn nasib pendidikan kita.

      BalasHapus
    4. niat awal mulia insyaallah hasil dari niat juga akan mulia...
      coba ditambahkan dengan fakta lapangan yang menurut ilham pendidikannya butuh perhatian lebih...

      BalasHapus
    5. Bagus bgt kakk kata2nya. Semoga Pak Anies baca ya kakk. Goodluck kakk!

      BalasHapus
    6. Sangat inspiratif dan bermotivasi sekali, semoga surat ini dapat dibaca dan menang ya

      BalasHapus
    7. Athallah Zhafira18 Agustus 2015 01.39

      Saya pribadi setuju dengan inti dari surat ini,karena memang saya merasakan pendidikan di Indonesia blm terlalu merata. Saya harap Bapak Menteri dpt membaca dan mempertimbangkan dengan seksama pendapat dari salah satu generasi muda bangsa ini

      BalasHapus
    8. Wahhh sangat suka dengan surat anda ini, semoga dapat membantu indonesia menjadi lebih baik???

      BalasHapus
    9. Sangat setuju sekali saya dengan surat anda ini???

      BalasHapus
    10. Ya saya sangat setuju dengan pendapat anda untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.Semoga di HUT RI ke-70 ini generasi muda Indonesia juga merdeka dalam bidang pendidikan.Aamiin.Merdeka!

      BalasHapus
    11. Semoga dengan ada nya surat ini indonesia menjadi lebih baik

      BalasHapus
    12. Semogaa surat yg saudara ilha sampaikan dapat bermanfaat dan segera terselenggara. Terima kasihh atas partisipanya bagii bangsa yg tercinta ini??

      BalasHapus
    13. Wahh ide yang anda berikan sangat membantu terima kasih atas kepedulia terhadap bangsa kita

      BalasHapus
    14. Kayaknya anda cocok jadi penulis andalan indonesia, teruslah berkarya :)

      BalasHapus
    15. Saya juga sempat berpikiran yang sama dengan anda. Semoga menang tulisan ini

      BalasHapus
    16. Saya setuju dengan pendapat anda bahwa penggunaan sumber daya alam dan sumber daya manusia harus lebih dimaksimalkan untuk pendidikan di Indonesia demi tercapainya Indonesia yang maju. Semoga pendidikan Indonesia menjadi lebih baik lagi di usianya yang ke 70 tahun ini!

      BalasHapus
    17. Wah, ternyata masih ada generasi muda yang sangat peduli dg nasib pendidikan di negara yg kita cintai ini. Smoga kedepannya pemerintah akan lebih memerhatikan masukan2 dr anak2 penerus bangsa seperti Anda.

      BalasHapus
    18. Saya sangat setuju dengan pendapat saudara Ilham untuk memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia, karena memang pendidikan di Indonesia ini masih belum merata. Semoga keinginan kita untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia bisa tercapai. Amiinn.

      BalasHapus
    19. Terimakasih sudah mengangkat tema pendidikan dalam tulisan anda. Benar sekali bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam pembangunan bangsa tetapi alangkah baiknya jika kualitas pendidikan di indonesia harus disamaratakan terlebih dahulu di indonesia terutama daerah timur yang sangat jauh tertinggal dari Jawa.

      BalasHapus
    20. Dengan surat ini, diharapkan pemerintah dapat memperbaiki prestasi negerinya agar indonesia semakin gemilang di dunia pendidikan!

      BalasHapus
    21. Bagus bener kakkkk, inspiratif sekaliii smoga menangg ya

      BalasHapus
    22. Saya sangat setuju dengan pendapat saudara Ilham untuk memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia, karena memang pendidikan di Indonesia ini masih belum merata. Semoga keinginan kita untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia bisa tercapai. Amiiiiin.

      BalasHapus
    23. Semoga apa yang anda sampaikan di dalam surat ini bisa tersampaikan kepada Pak Anies Baswedan, dan beliau bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Merdeka!

      BalasHapus
    24. Saya pribadi sangat setuju dengan inti dari surat ini karena memang saya merasakan pendidikan di Indonesia blm terlalu merata,karena itu surat ini patut dibaca dan dipertimbangkan oleh Bapak Menteri

      BalasHapus
    25. Setuju dengan apa yang di curahkan oleh saudara ilham, semoga Indonesia bisa lebih maju dalam hal pendidikan, dengan semangat yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Merdeka!

      BalasHapus
    26. Malem malem baca surat yg inspiratif,serasa terisi kembali,semangat terusss

      BalasHapus
    27. saya sngt stuju dgan surat ini , saya harap pemerintah dpat memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia ini . merdeka!!

      BalasHapus
    28. M Revindo Moza18 Agustus 2015 04.21

      Semoga surat ini dibaca oleh pak Anies Baswedan, karena isi kandungan surat ini sangat bagus, dan bisa jadi renungan bagi pemimpin-pemimpin di Indonesia. MERDEKA!!

      BalasHapus
    29. Saya sangat setuju, masih bnyk anak di indonesia yg blm menerima pendidikan yg layak, smoga dpt dibenahi.

      BalasHapus
    30. Rara M. Wulandari18 Agustus 2015 04.56

      Semoga dengan ide yang disampaikan kak Razieq Ilham ini bisa membantu indonesia melakukan pembaharuan dan kemajuan dibidang pendidikan agar masa depan lebih cerah dan indonesia bisa sejajar dengan pendidikan diluar negeri yang bisa dibilang patut dicontoh semangat dan karya nya. Dirgahayu Indonesia ke-70 Semoga lebih maju dan mempunyai masa depan yang lebih cemerlang, Aamiin.

      BalasHapus
    31. Semangat razieq ilham, semoga indonesia dpt tambah majuu

      BalasHapus
    32. suratnya bagus kak, kata-katany wahhh smg smpe ke pak anies ya kak smg menang

      BalasHapus
    33. semoga surat ini sampai ke pak anies baswedan yaaaa

      BalasHapus
    34. sangat memotivasii

      BalasHapus

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Merdekakan Generasi Muda denganPendidikan yang Berkualitas Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top