728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Senin, 10 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Setitik Perubahan untuk Indonesia Raya

    Kepada Seluruh Bangsa Indonesia,


    Salam merdeka!

    Senyum, tawa, damai, dan kebahagian menyambut peringatan kemerdekaan setiap tahunnya. Merah putih dikibarkan di segala penjuru kota di Indonesia. Merah putih terus berdiri tak kenal lelah meski terkena hujan dan panas. Membangkitkan semangat kemerdekaan bagi siapa saja yang melihat.

    Tidak terasa sebentar lagi kita akan memperingati 70 tahun kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga kita semua, bangsa Indonesia dapat memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia dengan keadaan sehat, bahagia dan damai. Karena sebagian dari kita masih banyak yang berada dalam kemiskinan. Dari sekitar 249,9 juta penduduk Indonesia masih banyak yang dilanda kelaparan, bahkan tidak mempunyai rumah. Mereka tidak bersalah, mereka sudah berjuang. Mereka semua terus berjuang, bekerja keras setiap harinya untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Kita semua saudara, kita semua harus bersatu demi kemajuan Negara Indonesia. Wahai bangsa Indonesia yang memiliki kemampuan untuk hidup dengan layak. Semoga kita semua dapat berbagi dengan saudara-saudara kita yang masih kekurangan. Agar mereka juga dapat merasa kan kebahagian sekecil apapun. Jangan lah kita ambil hak-hak mereka. Dan jangan lah kita hanya memikirkan diri kita sendiri. Kita semua memang tidak sempurna tapi dengan saling berbagi dan bersatu kita pasti akan sempurna.

    Perbedaan. Kesenjangan ekonomi semakin terasa dengan bertambahnya usia Negara Republik Indonesia. Korupsi adalah hal yang harus segera dihapuskan dari Negara Indonesia ini. Sebagai generasi bangsa Indonesia. Saya berharap kedepannya kita dapat membangun Negara kita ini dengan jujur, adil, dan bijaksana. Dengan perubahan pada diri kita masing-masing sekecil apapun akan mampu membawa perubahan besar bagi Negara Indonesia yang sangat kita cintai ini. Diawali dengan selalu menghindari perbuatan curang dan yang tidak baik dalam keseharian kita. Dan juga melihat saudara-saudara kita yang masih belum mampu untuk hidup layak. Tinggal dibawah jembatan. Makan apa yang ada saja. Memakai pakaian yang sudah lusuh.

    Tidak kah kita semua ingin berubah menjadi lebih baik? Agar seluruh bangsa Indonesia dapat hidup dengan sejahtera. Tanpa ada airmata penderitaan, kesakitan, dan kesedihan. Jika melihat sejarah kemerdekaan Indonesia, kita akan melihat pahlawan-pahlawan berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Apakah kita akan menodai perjuangan itu dengan perbuatan yang tidak sepantasnya untuk di lakukan? Membiarkan kemiskinan terus semakin meningkat. Dan memperkaya diri sendiri. Tanpa ada rasa ingin berbagi, rasa peduli pada mereka yang membutuhkan. Ini tanah air kita, milik seluruh bangsa Indonesia. Baik itu orang yang mampu maupun yang tidak. Yang tua maupun yang muda. Siapa pun kita, kita semua pasti mampu untuk merubah Negara Indonesia menjadi Negara yang makmur, sejahtera dan damai. Tanpa ada perpecahan dan pertengkaran. Terlalu banyak masalah yang dihadapi bangsa ini. Berbagai masalah, cobaan, rintangan dan bencana datang silih berganti.

    Kita semua selalu bermimpi hidup bahagia, sejahtera, damai dan tenang. Namun kita juga tidak bisa merasa bahagia jika masih ada saudara dan tetangga kita yang masih kesusahan. Bagaimana bisa kita tersenyum sedang orang-orang di sekitar kita menangis. Kita selalu menyebut Indonesia sebagai Negara berkembang, namun sampai sekarang perkembangannya selalu terseok-seok, entah kapan benar-benar mampu mengepakan sayapnya. Kita ini Negara yang kaya. Berbagai hasil bumi dan alam yang melimpah. Akan tetapi hasil bumi dan alam yang melimpah dipergunakan dengan tidak benar oleh beberapa orang yang menginginkan kesenangan nya sendiri. Sehingga masih banyak orang yang tidak sejahtera. Uang rakyat untuk pembangunan dan kesejahteraan masuk ke saku orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka tidak malu memakan yang bukan hak mereka. Akibat nya seperti yang saya katakan diatas kemiskinan semakin tinggi, banyaknya rakyat yang hidup dibawah garis kesejahteraan. Pengelolaan BBM yang tidak becus dan tidak transparan semakin memperburuk kondisi Negara. Melengkapi deretan-deretan masalah bangsa Indonesia. Seperti soal sistem pendidikan yang masih harus diperbaiki. Agar seluruh bangsa Indonesia yang mampu atau tidak dapat mengenyam pendidikan yang layak. Tanpa mahalnya biaya untuk kuliah dan sekolah.Tanpa ada kesulitan yang membuat mereka tidak mampu melanjutkan pendidikan mereka.

    Dengan semakin banyak bangsa yang tidak mampu melanjutkan sekolah. Penggangguran semakin merajalela. Tingginya harga pangan menyebabkan kelaparan bagi saudara-saudara kita. Hal tersebut tentu meningkatkan kriminalitas, makin merusak keamanan dan kestabilan Negara. Juga dengan minimnya jumlah pemimpin yang benar-benar mampu merubah dan memakmurkan Negara ini dengan tindakan nyata. Krisis akan kepercayaan terhadap pemimpin dan janji – janji mereka seolah menjadi trauma tersendiri. Padahal bangsa Indonesia hanya mengharapkan pemimpin yang jujur, adil, bijaksana, dan peduli terhadap rakyatnya. Karena hubungan antara pemimpin dan rakyat adalah hubungan yang tidak dapat dipisahkan. Kita semua harus bersatu, berbagi dan saling membantu membangun kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan tindakan nyata. Dengan hati yang ikhlas melakukan perubahan demi kebaikan kita semua. Saya sangat berharap Tuhan Yang Maha Esa dapat mendengar doa kita semua agar Indonesia semakin makmur, damai dan sejahtera. Semoga kita, diri kita masing-masing dapat berubah dengan hal sekecil apapun untuk menjadi yang lebih baik lagi. Meninggalkan segala perbuatan yang membuat Negara ini penuh dengan masalah, kesakitan, kesedihan, dan penderitaan. Siapa pun kita, kita adalah bangsa Indonesia. Kita dapat mengubah Indonesia menjadi lebih baik lagi.

    Kemeriahan dan kebahagiaan memperingati kemerdekaan Indonesia ke 70 tahun semoga menjadi awal dari perubahan. Perubahan menuju kesejahteraan bangsa Indonesia. Karena saya yakin bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat dan mau terus berusaha. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang gigih dan penuh semangat. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang tidak pantang menyerah. Kita semua pasti bisa menyikapi berbagai masalah, cobaan dan rintangan. Karena semua pasti ada solusinya. Asalkan kita berada di jalan yang benar, mengatur dengan benar, jujur dan adil serta mengikuti ajaran Tuhan Yang Maha Esa. Indonesia tanah airku. Tanah tumpah darahku. Hiduplah tanahku. Hiduplah negeriku. Bangsaku rakyatku semuanya. Bangunlah jiwanya. Bangunlah badannya. Untuk Indonesia Raya.




    Shelly Noor Azzahra

    Siswi SMAN 7 Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Setitik Perubahan untuk Indonesia Raya Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top